Picture-1. Creating Apps and Configuration Automatically

Merupakan persyaratan umum bahwa setiap kali Anda membuat aplikasi baru dengan CodeIgniter Anda harus mengatur file konfigurasi, seperti config.php, database.php, dan file lainnya. Tidak demikian dengan PAG CodeIgniter, Anda cukup menentukan nama folder CodeIgniter, mengetikkan nama aplikasi, lalu klik tombol Create, maka terbentuk aplikasi lengkap dengan konfigurasi dan menu dinamis.

Model

Model adalah data yang digunakan oleh aplikasi. Model ini berisi perintah sql untuk operasi CRUD: Create - masukkan data, Read - memanggil data (termasuk dropdown), Update - update data dalam tabel, dan Delete - menghapus data dalam tabel.

Perintah SQL dapat ditampilkan dengan kombinasi SQL atau Query Builder dan Sintaks Vertikal atau Horisontal:

1. Horizontal SQL Syntax, satu baris
2. Sintaks SQL Vertikal, multi baris:
$sql = "insert into m_category (categoryid,name,status) ";

$sql = "insert into m_category (";
$sql .= "categoryid";
$sql .= ", name";
$sql .= ", status)";
$sql .= " values (";
$sql .= "'{$categoryid}'";
$sql .= ", '{$name}'";
$sql .= ", '{$status}')";

3. Query Builder Horizontal, satu baris:
$data = [ 'categoryid' => $categoryid, 'name' => $name, 'status' => $status];

3. Query Builder Vertikal, multi baris:
$data = [
'categoryid' => $categoryid,
'name' => $name,
'status' => $status
];

View

View digunakan untuk menampilkan data dalam 4 bentuk: Grid (table dengan DataTables), Freeform Aktif (input/edit data), dan Freeform Readonly (show data).

1. Tombol action pada Grid. Grid dilengkapi dengan tombol Add, Detail, Edit, Delete; tombol export data: Copy (clipboard), CSV (file CSV), PDF (file PDF), dan Print.

Selain itu, grid juga dilengkapi dengan dropdown jumlah record per halaman, Search (pencarian global pada data grid), dan pencarian pada masing-masing kolom.

2. Dropdown, listbox, checkbox, radiobutton, dan datepicker di Freeform. Anda dapat menambahkan dropdown master dan kolom pencarian (Search) dengan memilih dropdown pada Edit type (data dari tabel), listbox (data yang diketikkan sebagai ukuran: kecil, sedang, dan besar), dan memeriksa kolom sebagai kolom pencarian. Jika kolom adalah kolom tanggal, datepicker ditampilkan secara otomatis.

3. Rumus
Dalam form detail transaksi, seperti transaksi pembelian produk, ada kolom Total yang berisi rumus (computed field): Jumlah dikalikan dengan harga. Kolom ini ditempatkan di setiap form. Khususnya di grid, kolom Total dijumlahkan dan ditempatkan di footer.

4. Form Validation
Form Validation digunakan untuk memvalidasi data sebelum disimpan ke dalam database.

Controller

Controller menerima input dari View dan mengubahnya untuk Model atau View.

Konversi yang dilakukan oleh Controller adalah mengubah hasil query menjadi data, dropdown, listbox, checkbox, dan radiobutton yang akan ditampilkan oleh View dan/atau diproses oleh Model.

User Interface

1. Professional Visual Tool adalah aplikasi desktop yang dibuat dan dikembangkan oleh developer profesional senior. Alat ini user friendly, dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang sangat interaktif.

2. Mudah Digunakan
Membangun aplikasi web dengan PAG CodeIgniter dapat digunakan oleh pemula (newbie), tidak memerlukan pengetahuan dan keterampilan PHP, HTML, dan JQuery.

3. Mudah Dipahami
Tidak sulit untuk belajar atau memahami, hanya dua hal yang harus dilakukan:
a. Untuk membuat aplikasi (hanya sekali), Anda cukup memilih folder, ketik nama aplikasi, lalu klik tombol Create.
b. Buat MVC. Pilih tabel, pilih kolom yang akan ditampilkan, pilih menu untuk memanggil index, klik ikon Create, lalu klik ikon Save. Klik: HOW TO USE.

Editor

1. Editor Menu
Editor Menu digunakan untuk mendefinisikan menu tree (nama menu, judul halaman, dan ikon menu). Anda dapat menambah, mengubah, atau menghapus grup menu, item menu, dan submenu.

Menu tree adalah menu yang menunjukkan halaman yang tersedia dalam suatu aplikasi. Pohon menu terdiri dari tiga level, yaitu grup menu, item menu, dan submenu. Susunan menu bergantung pada aplikasi yang Anda buat.

2. Editor Script
Ada 6 editor skrip: Model, Controller, Index, Create, Show, dan Edit.

Sebenarnya, editor skrip ini digunakan untuk menampilkan skrip yang dihasilkan secara otomatis, tetapi editor ini dapat digunakan untuk mengedit skrip jika diperlukan.

Keenam editor ini berada pada panel ketiga searah jarum jam dari kiri atas.

Editor skrip, editor menu (tab Menu) dan tab Options semuanya dalam satu panel.

Options

1. Application
Setiap aplikasi memiliki serangkaian opsi yang menentukan file mana yang harus diproses atau dihasilkan, atau yang menentukan perilaku aplikasi. Opsi Application digunakan untuk mengatur opsi sebelum membuat aplikasi. Anda tidak perlu mengatur file konfigurasi yang berisi semua parameter yang Anda inginkan untuk membuat aplikasi. Selain itu, Anda dapat menjalankan aplikasi hanya dengan file konfigurasi ini diberikan.

Ada 9 jenis Options:
Banyak (Satu/beberapa aplikasi), Root (direktori root dokumen), CodeIgniter (direktori CodeIgniter), Template (direktori AdminLTE), Composer (direktori Penggubah), Date Masks (default d/m/Y), Project (nama aplikasi), dan Title (judul aplikasi).

2. Group
Untuk mengelompokkan file MVC ke dalam Master (tabel referensi) atau Transaksi dan menyimpannya di direktori yang sama.

3. MVC
Opsi MVC adalah seperangkat kotak centang. Jika dicentang, file (model, pengontrol, indeks, buat, tampilkan, dan edit) akan disimpan ke folder sesuai dengan Grup yang dipilih.
Dalam kotak centang indeks ada bidang untuk memasukkan nomor baris per halaman yang akan ditampilkan.
Kotak centang yang dikelompokkan digunakan apakah file tampilan akan disimpan per tabel (Diperiksa secara default) atau tidak.

4. Additional
Seperangkat opsi tambahan yang dapat Anda gunakan untuk merapikan tampilan skrip:
(a) Label Font: Original, Lower, Upper case, or Title; (b) Cut: Prefix Table, Table prefix, and label prefix; (c) Space: Number of spaces before and after function and function body; and After statement.